Curug Citabur Terbaik se-Cianjur

Curug Citabur Cianjur Selatan

Ayo ke cianjur
sumber dari: Rasendriya Bercerita



Ayo ke Cianjur.. Curug Citabur terletak di Desa Karang Jaya, Kec. Pasirkuda, Cianjur Selatan. Jika anda sedang berada di cianjur tidak salah jika anda mampir ke salah satu curug terbaik se cianjur ini yaitu curug citabur. Ayo ke Cianjur


Keunikan yang dimiliki oleh curug citabaur ini adalah Tinggi Curug Citambur mencapai 100 meter. Di bagian bawah air terjun terdapat semacam kolam alam tempat curahan air yang jatuh dari ketinggian. 

Tingginya tempat jatuh air Curug Citambur itu membuat volume air jatuhan curug tersebut begitu besar. Bahkan diperkirakan, Curug Citambur ini lebih tinggi dan volume air jatuhannya lebih besar ketimbang Curug Cimahi di daerah Cisarua, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.


Ayo ke Cianjur
sumber dari: www.imgrum.net


Volume air jatuhan yang cukup besar itu membuat tak ada yang berani mandi atau berenang di bawah air jatuhannya. Sebab, dipastikan badan kita akan terasa sakit sekali jika tertimpa air jatuhan yang menimpa tubuh dengan volume sangat besar. Selain itu, airnya juga terasa sangat dingin.

Tetapi, terlepas dari ketiadaan orang yang mau mandi di bawah air terjun itu, Curug Citambur tetap memberikan pesona yang indah dan elok, sehingga seru untuk dijadikan tempat berlibur. Mengapa?

Karena panorama Curug Citambur begitu alami dan indah natural. Suasana dan udaranya juga menyejukkan, karena dikelilingi hamparan sawah dan perkebunan teh. Cocok untuk warga kota yang ingin mencari suasana bernuansa alam nan asri. Ayo ke cianjur !

Panorama indah di sekitar Curug Citambur dilengkapi suasana khas alam.  Pemandangan di sekitar air terjun hampir selalu diliputi oleh kabut tipis. Suara air  jatuhan Curug Citambur terdengar berdebum dengan begitu keras dan membahana . 

Suara air jatuhan yang demikian keras itulah yang membuat Curug Citambur terasa berbeda ketimbang air terjun lain. Sesekali terdengar pula suara kicauan burung kutilang di antara deburan air, seakan kian memperkaya simponi suara alam di sekitar kawasan itu.Sejumlah orang yang dijumpai di lokasi air terjun ini menuturkan, pesona Curug Citambur memang terletak pada suasananya yang sangat alami. 

Menurut mereka, berada di Curug Citambur serasa berada di alam yang masih “perawan” dan belum banyak disentuh oleh tangan manusia. Suasana alam yang masih asli di antara debur Curug Citambur itu menurut mereka, menjadikan objek wisata itu masih eksotis. Keeksotisan itulah yang memberikan suasana berbeda di antara tempat-tempat wisata lain yang pernah mereka datangi.Kondisi “alam perawan” itu bahkan tak urung menghadirkan pula suasana mistis di antara debur-debur Curug Citambur. Ayo ke Cianjur!

Untuk bisa menikmati semua keindahan alam yang ada di Curug Citambur ini pengunjung hanya dikenakan tarif sebesar 3.000 rupiah/orang. Untuk kendaraan motor dikenakan biaya parkir sebesar 2000 rupiah/motor. Sedangakan untuk kendaraan roda empat atau mobil dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah/mobil.

Asal Nama Curug Citambur

Ada dua versi yang menjadi latar belakang penamaan Curug Citambur. Versi pertama, menurut warga di sekitar Curug Citambur jaman dulu, gemuruh air yang jatuh di Curug Citambur ini menimbulkan bebunyian seperti suara tambur yang ditabuh sehingga muncul nama “Citambur”. 

Versi kedua, Curug Citambur dulu merupakan bagian dari wilayah Kerajaan Tanjung Anginan dengan rajanya Prabu Tanjung Anginan. Pusat pemerintahannya berada di daerah yang kini dikenal dengan Kecamatan Pasirkuda. Raja tersebut sering mandi di curug yang kini kita kenal dengan Curug Citambur ini. Setiap kali raja hendak mandi di curug, para prajurit mengiringinya dengan suara musik tambur. Lantunan musik tambur tersebut terdengar dari radius yang cukup jauh sehingga warga menyebut curug tempat raja mandi tersebut sebagai Curug Tambur. 

Curug Citambur tetap menyimpan potensi wisata yang cukup besar. Keberadaannya yang masih asli dan alami memberikan suasana berbeda yang kini begitu dicari orang yang hendak berwisata.

Terlebih lagi, Curug Citambur bisa ikut membantu menyejahterakan warga sekitar. Sayang, potensi wisata Curug Citambur belum dioptimalkan.

Rekomendasi Bacaan: Canopy Trail Ciiboda Cianjur

Meskipun keberadaan Curug Citambur yang memesona itu belum diberdayakan secara optimal, tetapi penduduk di sana berkeyakinan bahwa suatu saat air terjun tersebut akan bisa membebaskan warga dari lilitan kemiskinan.

Tetapi, syaratnya menurut mereka harus ada pihak yang mau menata Curug Citambur dengan baik dan profesional. Pendapat itu bisa dipahami.

Sebab, jika menelusuri wilayah selatan Cianjur, mulai dari Ciwalini di Kabupaten Bandung hingga ke wilayah Kabupaten Cianjur khusunya kecamatan-kecamatan Pagelaran, Sindangbarang, Cidaun, Naringgul, yang merupakan jalur melingkar, banyak obyek wisata yang potensial namun belum diberdayakan secara optimal.

Jadi masih ragu- ragu untuk datang ke curug citabur ? Saya rasa kalian akan semakin penasaran dan ingin datang ke cianjur. Ayo ke Cianjur!


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

2 komentar

komentar
19 Juni 2018 pukul 00.37 delete

sangat merekomendasi jadi kabita yeuh numpang rame ah https://coretanyusuf.blogspot.com/2018/03/wisata-air-terjun-curug-citambur.html

Reply
avatar
30 November 2018 pukul 17.27 delete

thanks for info jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2O8CWwZ

Reply
avatar